teknik scraqtch beatbox



klo soal scratch ini neranginnya lumayan sulit nech, bro..
harus dengan praktek bagusnya sech..tiap2 Beatboxers punya cara2 tips yg beda2..

Hmm..ok dech gw mo coba nerangin, versi gw, teorinya pelan2 moga2 bisa dimengerti yah.. Smile
Scratch itu ada 3 jenis yg lumrah dipake di seni Human Beatboxing:
1.Elektro Scratch
2.Whistle Scratch
3.Vocal Scratch

Klo soal penerapannya sech gw sendiri ga sepenuhnya nguasain ke-3 teknik ini,man..

OK gw coba terangin satu2 dgn singkat dech:

1.Eletro Scratch, teknik scratch ini yg paling gampang buat yg baru mo nyobain scratch..ini jg cukup keren, karena cukup lumayan nyaring and gampang dilakuinnya kok..

Cara: lo cuman tinggal nyebut "CHEWI", "CHEWI-CHA", ato "CHEWI-CHIKA".
Tips: Tapi ngga cuma sekedar ngomong doank,TARUH LIDAH LO DI ATAS ATAP MULUT, klo lo coba ngomong bakal kedengeran kaya suara kecekek, (aba2nya kaya lo mo niruin suara nenek2/kakek2) jadi lo neken udara dari dalem lewat atas mulut n lidah lo yg nempel tadi..nah klo artikulasi mulut lo udah kaya tadi..lo coba dech nyebut "CHEWI", "CHEWI-CHA", ato "CHEWI-CHIKA".

lo bisa juga paduin dengan beat:

Bm - Chewi Chika Bm - K - Chewi-Chika Bm - (coba ulang tiap bar)

2.Whistle Scratch, ini jg lumayan dech caranya..(buat gw sech rada2 susah =P)
Cara: -lo coba taro n tempelin lidah depan lo ke gigi bawah, biar nempel di gusi bawah, trus lo coba gerakin naik turun..nah dengn lo gerakin naik turun, bakal keluar suara kaya orang siul gt dech..

3.Vocal Scratch, teknik yg satu ini lumayan agak ribet, tp klo lo dah bisa, lo mungkin bakal banyak dapet perhatian dari orang2..hehe. tp awalnya sech kedengerannya agak2 aneh/lucu.
Di teknik ini, lo kudu punya satu teknik yg harus lo kuasain bener2..
Tips:
1. Ventriloquism, nyobain ngomong, tp coba ngga gerakin bibir lo. Lo cuma gunain kerongkongan belakang & lidah lo buat lakuin ini, mirip2 kaya si Ka Ria & Susan dech..khan cuma satu orng tuch yg ngomong, si Kak Ria doank. Nah suaranya si Susan yg kudu lo coba bikin.
2. Coba lo sebutin normal kata yg lo mo scratchin, tapi pake suara scratch dgn teknik ventriloquism.
3. dari tips yg nomer 2, lo terus tambahin suara, klo di teknik nyanyi ada yg namanya FALSET. Bikin suara tapi di nada/pitch yg tinggi, biasanya lewat idung..kaya lo niruin suara bencong gitu.
Nah klo lo udah bisa Falset, trus lo tambahin Ventriliquism tadi..nah lo coba sebutin kata yg bakal lo scratch..
4. Lo gunain lidah dan mulut lo buat ngubah suaranya biar lebih orsinil bunyi scratch..
Lumayan susah yah klo cuman teori doank??hmm..lo coba liat/cari dech video2 beatbox, yg hiphop terutama..nah lo bisa liat dech tuch orang2 itu maenin suaranya..

Contoh: Lo coba sebutin "ERA"..nah lo coba potong2/rubah2 suaranya dengan make mulut and lidah lo, trs sambil gunain 4 tips gw dia atas..

Ra - ERA - EWE - E - RA

haha..aga joroknya kedengernya..tp jgn di tekenin banget bunyi "E*E"..hehe =P

KLo pgn denger contohnya, di salah satu track di album Bondan&Fade2Black, UNITY album..ada tuch yg judulnya "Rock on the Beat" .. (haha..promosi)
untuk basic latihan vocal scratch "ERA", bisa dibantu sama latihan ngefalsetoin suara biar kedengaran kayak roger rabbit.

selanjutnyanya, coba untuk ngelatih naik turunin nada suara kita dengan cepat. mulai dari agak rendah kayak film yg dibikin slow motion, ke falseto kartun tadi, terus balik lagi, dan balik lagi.

---

untuk latihan vocal scratch lanjutannya, nah ini susah nih... susah deh. ga jadi aja ya dijelasinnya. hahaha!

just kidding... :D
gw share aja ya apa yg gw tangkap dari mempelajari vocal scratchnya si beardyman.

nah, dia itu latihan untuk ngebolak balik setiap kata semirip mungkin dengan turn table. jadi dia ngucapin sesuatu dengan normal, berhenti sebentar, terus dia ngucapin lagi dari huruf paling terakhir ke paling depan. yang bikin jadi susah adalah intonasi juga ikutan dibolak balik.

contoh: JAZZ --> JAZZ (break & reverse) ZHAJ (break & fwd) JAZZ

---

kalo dalam tempo yang lebih cepat, jadinya mirip dengan si ERA scratch. 

yang perlu kita ketahui adalah di piringan hitam yang biasa dipake ngescratch itu biasanya ditanda2in pake semacam sticker sama si DJ-nya. yang terjadi sewaktu si stanton (jarum turntable) ngelewatin sticker2 itu adalah bunyi2an yg ada langsung kepotong.

nah, kalo diterapin ke dalam beatbox, kita bisa niru suara bunyi yg kepotong itu dengan mingkem. yes. mingkem. kalo si beardyman sih biasanya motong pake huruf P. ternyata aslinya di turntable juga kedengarannya mirip begitu.

contoh: JAZZ --> JAWRAP JAWRAP JAZZ (WR di situ maksudnya kayak R di ERA scratch)